Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
Panduan Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi dan contoh-contoh yang dapat memandu satuan pendidikan dan pendidik, terutama guru Bimbingan dan Konseling dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi bimbingan dan konseling. Panduan ini bersifat umum karena dibuat dengan prinsip bahwa satuan pendidikan dan pendidik atau Guru BK adalah pihak yang mengenali dan memahami situasi peserta didik, dan terus mengembangkan kapasitas untuk membuat keputusan terbaik sesuai perannya (professional judgement) secara berkomitmen, mandiri, dan reflektif.
Penerapan layanan bimbingan dan konseling yang komprehensif menunjukkan keberpihakan kepada kepentingan peserta didik melalui pemberian layanan yang terintegrasi. Hal ini sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu berpusat kepada peserta didik. Dengan demikian, implementasi layanan bimbingan dan konseling akan semakin utuh karena di setiap komponen layanan sudah disertai dengan rencana dan implementasi yang terintegrasi dengan pencapaian profil pelajar Pancasila.