SEKILAS INFO
19-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Sekolah BANUA (Berbudaya, Agamis, Nasionalis, Ukhuwah, Amanah)
  • 1 tahun yang lalu / SMA Maju Bersama Hebat Semua
  • 3 tahun yang lalu / SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 12 BERAU || Alamat : Jln. SMA Bangun No. 1 RT 01 Sei Bebanir Bangun Kel. Sambaliung, Kec. Sambaliung, Kab. Berau, Prov. Kalimantan Timur, Kode Pos 77371 || NPSN : 69815477 || AKREDITASI A
8
Nov 2020
0
Sikap Preventif Covid–19 Era New Normal

Saat ini pasca munculnya pandemi Covid-19 di Negara Negara seperti Indonesia. Virus Corona di Indonesia memiliki pertambahan pasien dan angka kematian yang cukup besar. Tapi, di sisi lain angka kesembuhan pasien semakin meningkat. Pihak medis pun berusaha agar bisa menyembuhkan pasien-pasien yang terpapar virus Corona. Dan, pemerintah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti aturan protokol kesehatan, untuk mengurangi pertambahan pasien Covid-19.

Covid-19 sangat meresahkan masyarakat, karena menghambat aktivitas seperti biasanya. Meskipun belum berakhir, namun kita harus bisa beradaptasi sambil tetap menjaga kesehatan tubuh dan mental di tengah pandemi sampai pengobatan atau vaksin ditemukan.

Saat ini aktivitas sudah hampir sepenuhnya berjalan seperti biasa. Namun, ada banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat menjalankan kehidupan New Normal tersebut, salah satunya selalu menerapkan pola hidup sehat.

Lalu, apa saja pola hidup sehat di era New Normal ini yang harus kita perhatikan?

1. Selalu menggunakan masker saat bepergian dan membawa cadangan masker
Pola hidup sehat yang harus kita terapkan di era New Normal ini adalah selalu menggunakan masker saat bepergian. Dengan mengenakan masker, dapat memperlambat serta mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.

Masyarakat Indonesia kerap tidak menyadari filosofi suatu tindakan. Kesalahan dalam bermasker bahkan sering dilakukan oleh figur publik. Tidak jarang pejabat dan selebritas melakukannya di ranah publik atau media yang disaksikan masyarakat luas.

Masker memang kadang dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Akan tetapi, dalam situasi seperti ini, hal tersebut semestinya tidak menjadi pembenaran. Justru masyarakat perlu selalu diingatkan dan dijelaskan untuk mengenakan maskernya dengan benar. Normal Normal baru bukan.

2. Jaga jarak fisik
Apabila memang harus beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain setidaknya dua meter. Kajian di bulan Agustus tahun 2020 juga menambahkan jaga jarak fisik merupakan satu dari sekian banyak langkah mencegah penyebaran virus pemicu pandemi ini.

Oleh karena itu, harap tetap ikuti perilaku hidup bersih dan sehat lainnya di tengah new normal. Hindari melalui bagian taman atau pinggir jalan yang ramai apabila sedang berolahraga atau beraktivitas di luar rumah.

3. Hand sanitizer, disinfektan semprot dan sabun cair
Selalu membawa hand sanitizer dan disinfektan semprot. Terutama bagi orang-orang yang menggunakan transportasi umum. Jika sulit air dan sabun, benda tersebut bisa dipakai untuk membersihkan tangan.

4. Alat makan dan botol minum
Peralatan pribadi seperti tempat minum, tempat makan serta alat makan menjadi barang yang harus dibawa ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Peralatan pribadi sangat penting utnuk menjaga anda agar merasa aman dan nyaman. Karena, tidak harus menggunakan barang bersamadengan orang lain yang kita tidak tahu status kesehatannya.

5. Perlengkapan ibadah
Perlengkapan ibadah kerap digunakan secara bergantian seperti di musholah umum dan di masjid. Perlengkapan ibadah dapat jadi perantara penyebaran covid-19.

peralatan salat seperti sajadah dan mukena pun kerap digunakan secara bergantian dengan orang yang tidak dikenal di tempat umum. Tidak hanya itu,   sudah banyak tempat yang tidak lagi Menyediakan alat shalat untuk para pengunjung,  salah satunya termasuk masjid dan juga pusat perbelanjaan.

6. Suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina kamu.
Persediaan multivitamin menjadi salah satu yang penting, mengingat multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi Virus Corona. Selain multivitamin,  mengonsumsi  makanan bergizi  dan selalu olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Penulis : Saprianti

Kelas XII MIPA 1


Laman: https://www.sman12berau.sch.id
Instagram: https://www.instagram.com/sman12berau_id
Facebook: https://www.facebook.com/sman12berauID
YouTube: https://www.youtube.com/SMANEGERI12BERAU


#BulanBahasadanSastra2020
#CintaBahasadanSastraIndonesia
#AyoMembaca
#SalamLiterasi
#CerdasBerkarakter
#MerdekaBelajar
#BelajardariRumah
#BerprestasidariRumah

Info Sekolah

SMA NEGERI 12 BERAU

NPSN : 69815477

Jl. SMA Bangun RT. 01 No. 01, Kampung Sei Bebanir Bangun
KEC. Sambaliung
KAB. Berau
PROV. Kalimantan Timur
KODE POS 77371