
Abstrak
Proses dan hasil belajar, khususnya penguasaan kosa kata bahasa Inggris kelas X IPA di SMAN 12 Berau semester genap Tahun Pelajaran 2020-2021, masih rendah. Rendahnya penguasaan kosa kata ini menyebabkan pemahaman terhadap materi terkait, misalnya membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara juga tidak maksimal. Penelitian Tindakan Kelas ini ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Media interaktif berbasis Adobe Flash diimplementasikan dalam pembelajaran langsung, disampaikan secara daring dengan menggunakan media ZOOM terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif untuk mendapatkan nilai rerata masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rerata nilai, dari siklus 1 sebesar 75,93 (52%) menjadi 88,83 (83%) dalam siklus 2. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa, penggunaan media interaktif berbasis Adobe Flash yang diimplementasikan dalam pembelajaran langsung mampu meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris peserta didik kelas X IPA di SMAN 12 Berau, Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021
Kata Kunci: Adobe flash, pembelajaran langsung, kosa kata
Dr. Ahmad Bahruddin, M.Pd.
Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Berau
Sumber: http://jurnal.pgrisultra.or.id